..:::!!!!! Selamat Datang !!!!!:::..Hello all_Friends ::::: Nur Rohman Share® !!!!...Mitra Bisnis Pulsa Elektrik Termurah...!!! Download Software | Tutorial Blog | Pusat Servis Computer dan Servis HP CONTACT-085789915222 & EMAIL- (si_owner@yahoo.com)

Setting Robots.txt di Blogger

Tuesday, May 29, 2012 | Nur Rohman | 0 komentar

Blogger (Blogspot) sekarang memperbolehkan custom robots.txt, ini sangatlah bermanfaat karena kita bisa mengaturvisibility (penampakan) dari artikel-artikel kita di mesin pencari, kita menjadi mungkin mengatur artikel tertentu untuk tidak terindeks (atau pun sebaliknya) oleh mesin pencari.

Secara default, setiap blog yang menggunakan platform Blogger akan memiliki robots.txt seperti berikut:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /search
Allow: /

Sitemap: http://www.example.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Dimana mempunyai penjelasan sebagai berikut:

Mediapartners-Google adalah robot dari Google Adsense, dan biarkan seperti defaultnya karena jika Anda salah mengubahnya maka iklan yang ditayangkan tidak akan menyesuaikan dengan konten Anda.

Baris berikutnya adalah untuk semua robot yang ditandai dengan tanda bintang (*). Pada konfigurasi defaultnya jelas terlihat bahwa label dari blog kita sudah disetting untuk tidak terindeks dengan menulis Disallow: /search.

Perlu di ingat bahwa tanda garis miring (/) di ibaratkan sebagai homepage Anda, jadi misal Anda ingin supaya label terindeks jangan hanya mengisi dengan garis miring seperti ini Disallow: / karena itu sama saja Anda tidak memperbolehkan robot menelusuri blog Anda tapi menjadi seperti contoh di bawah ini:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow:
Allow: /

Sitemap: http://www.example.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Dengan konfigurasi seperti di atas maka semua artikel dan label akan terindeks. Dan untuk memblok robot di halaman tertentu (saya ambil contoh halaman Ihwal saya) Anda cukup menulis seperti berikut:

User-agent: Mediapartners-Google
Disallow:

User-agent: *
Disallow: /p/ihwal.html
Allow: /

Sitemap: http://www.example.com/feeds/posts/default?orderby=updated

Setelah mengubahnya pastikan semuanya sesuai seperti apa yang kita inginkan dengan mengunjungiwww.example.com/robots.txt. Ganti Example.com dengan domain Anda.

Perhatian: Gunakan dengan hati-hati. Jika salah menggunakan fitur ini maka blog Anda bisa diacuhkan oleh mesin pencari.
Setting Robots.txt di Blogger Reviewed by Nur Rohman on Tuesday, May 29, 2012 Rating: 4.5
Share on: Twitter, Facebook, Delicious, Digg, Reddit

Ditulis Oleh : Nur Rohman ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Artikel Setting Robots.txt di Blogger ini ditulis oleh Nur Rohman pada hari Tuesday, May 29, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Setting Robots.txt di Blogger dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Trimakasih atas kunjungan anda.. Blog ini Dofollow) Silahkan menaruh kritik dan saran pada kotak komentar ini, asal tidak SPAM dan bagi yang mencantumkan link, akan terhapus otomatis.