..:::!!!!! Selamat Datang !!!!!:::..Hello all_Friends ::::: Nur Rohman Share® !!!!...Mitra Bisnis Pulsa Elektrik Termurah...!!! Download Software | Tutorial Blog | Pusat Servis Computer dan Servis HP CONTACT-085789915222 & EMAIL- (si_owner@yahoo.com)

Cara menghitung nilai rata-rata di Ms Excel

Saturday, September 29, 2012 | Nur Rohman | 0 komentar

Memang mudahnya berhitung dengan menggunakan excel. Semua dapat diketahui dengan cara yang mudah dan akurat. Mulai dari penjumlahan secara otomatis sampai penghitungan yang rumit sekalipun.

Dan kini sebagai bahan belajar melakukan penghitungan, akan diuraikan cara untuk mencari nilai rata-rata dari beberapa nilai angka tertentu. Seperti halnya sebuah rapor anak sekolah, biasanya juga disebutkan nilai rata-rata. Sebagai contoh sederhana dari angka 1, 2, dan 3 maka nilai rata-ratanya adalah angka 2. Angka 2 ini didapat dari jumlah angka-angka tersebut dibagi dengan banyaknya angka. Sehingga 1+2+3 dibagi dengan 3 (terdapat tida angka) sama dengan 6 : 3 = 2.

Contoh sederhana tersebut mungkin terlalu mudah untuk dikerjakan, karena jumlah yang kecil dan sedikit. Namun bagaimana jika jumlah angka-angkanya banyak dan dengan nominal yang besar ? … Tentu akan lebih membutuhkan banyak pikiran dan waktu untuk menghitungnya jika dihitung secara manual menggunakan pemikiran otak yang kepandaiannya pas-pasan seperti saya …. Namun akan berbeda halnya jika penghitungan tersebut dilakukan dengan menggunakan program Ms Excel. Hanya dengan beberapa langkah kecil saja maka hasilnya akan langsung diperoleh dan akurat.

Untuk mencari rata-rata dari nilai tertentu silahkan diikuti langkah-langkah berikut ini :
  1. Masukkan terlebih dahulu data-data yang dimaksud kedalam table atau ke sel seperti contoh gambar dibawah ini.

    data nilai

  2. Klik pada sel tempat nilai rata-rata akan ditampilkan misalnya pada sel C10.
  3. Ketik pada sel tersebut =AVERAGE(blok pada sel yang akan dihitung nilai rata-ratanya, dalam hal ini sel C2:C9) , sehingga tulisan lengkapnya menjadi =AVERAGE(C2:C9) kemudian tekan enter.

    nilai rata-rata

  4. Maka nilai rata-rata secara otomatis akan muncul.

    hasil nilai rata-rata

Cara menghitung nilai rata-rata di Ms Excel Reviewed by Nur Rohman on Saturday, September 29, 2012 Rating: 4.5
Share on: Twitter, Facebook, Delicious, Digg, Reddit

Ditulis Oleh : Nur Rohman ~ Tips dan Trik Blogspot

Christian angkouw Artikel Cara menghitung nilai rata-rata di Ms Excel ini ditulis oleh Nur Rohman pada hari Saturday, September 29, 2012. Terimakasih atas kunjungan Anda pada blog ini. Kritik dan saran tentang Cara menghitung nilai rata-rata di Ms Excel dapat Anda sampaikan melalui kotak komentar dibawah ini. Bagi Shobat yang ingin mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, tolong letakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Trimakasih atas kunjungan anda.. Blog ini Dofollow) Silahkan menaruh kritik dan saran pada kotak komentar ini, asal tidak SPAM dan bagi yang mencantumkan link, akan terhapus otomatis.